DAYA SERAP UN IPA SD TAHUN 2011


DAYA SERAP UN IPA SD TAHUN 2011

Berikut ini kami paparkan hasil analisis dari sebagian besar sekolah dasar se jawa tengah perihal daya serap ujian nasional 2011 mapel IPA, yang ditandai dengan perolehan angka / jumlah nilai pada tiap2 indikator.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk lebih memacu dalam proses pembelajaran di kelas masing-masing.


DAYA SERAP UN IPA SD TAHUN 2011

No.

Indikator Soal UN 2011

%

1

Disajikan gambar hewan/tumbuhan tertentu, siswa dapat menjelaskan ciri khusus yang ada pada hewan/ tumbuhan tersebut.

96,63

2

Disajikan beberapa nama tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan tumbuhan/hewan lain yang termasuk dalam kelompok itu.

94,89

3

Disajikan gambar tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya.

69,64

4

Siswa dapat menentukan ciri-ciri hewan berdasarkan cara perkembangbiakannya.

90,38

5

Siswa dapat menentukan manfaat bagian dari tubuh hewan/tumbuhan tertentu bagi manusia dan lingkungannya.

35,29

6

Siswa dapat menjelaskan tujuan penggunaan bahan tertentu dari hewan/tumbuhan di suatu daerah.

39,49

7

Siswa dapat menjelaskan pentingnya pelestarian hewan/tumbuhan langka.

78,71

8

Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar.

52,89

9

Disajikan gambar alat indra beserta bagian-bagiannya, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk.

54,62

10

Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar.

80,11

11

Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menentukan fungsi organ atau saluran pencernaan yang ditandai.

82,45

12

Siswa dapat menentukan urutan sirkulasi aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar.

57,36

13

Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan.

90,78

14

Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan (gizi) bagi kesehatan tubuh manusia.

75,00

15

Siswa dapat menjelaskan cara pencegahan penyakit menular pada manusia.

70,15

16

Siswa dapat menentukan contoh bentuk hubungan antara dua mahluk hidup (salah satu simbiosis).

86,43

17

Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu.

86,51

18

Siswa dapat menentukan peran makhluk hidup tertentu dalam suatu ekosistem.

91,78

19

Siswa dapat menjelaskan fungsi bentuk/keadaan tubuh hewan atau tumbuhan tertentu bagi kelangsungan hidupnya.

90,36

20

Siswa dapat mengidentifikasi bentuk adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu untuk kelangsungan hidupnya.

88,65

21

Siswa dapat menyebutkan contoh perubahan wujud benda tertentu (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim).

92,20

22

Siswa dapat menjelaskan contoh pemanfaatan perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim).

58,95

23

Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu pada kegiatan tersebut.

61,27

24

Siswa dapat menyebutkan contoh perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatan atau peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.

83,91

25

Siswa dapat menjelaskan pemanfaatan benda konduktor atau isolator.

88,16

26

Disajikan gambar alat atau pernyataan yang berkaitan dengan energi, siswa dapat mengidentifikasi bentuk energi yang digunakan atau dihasilkan.

93,05

27

Disajikan gambar percobaan atau pernyataan yang berkaitan dengan cahaya, siswa dapat menyebutkan sifat-sifat cahaya.

49,27

28

Siswa dapat menyebutkan manfaat bunyi pantul dalam kehidupan sehari hari (baru/belum pernah keluar)

38,39

29

Disajikan gambar rangkaian listrik terdiri dari beberapa lampu, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/tidak menyala jika salah satu lampu diputus(baru/ belum pernah keluar)

89,32

30

Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh energi alternatif.

75,40

31

Disajikan gambar atau pernyataan kegiatan tertentu, siswa dapat menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak atau bentuk suatu benda. (baru/ belum pernah keluar)

90,21

32

Disajikan gambar tuas atau pengungkit, siswa dapat menentukan letak beban atau kuasa atau titik tumpu. –(baru/ belum pernah keluar)

74,30

33

Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai untuk digunakan pada kegiatan tersebut.

43,75

34

Disajikan suatu kasus, siswa dapat menjelaskan cara-cara atau manfaat penghematan energi tertentu.

76,94

35

Disajikan pernyataan tentang pemanfaatan salah satu jenis sumber daya alam, siswa dapat menentukan jenis sumber daya alam yang digunakan.

85,35

36

Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan yang dapat merusak kelestarian sumber daya alam atau dapat menentukan cara untuk melestarikan sumber daya alam.

81,77

37

Disajikan suatu peristiwa/gejala alam, siswa dapat menjelaskan dampak yang ditimbulkannya.

83,62

38

Siswa dapat menentukan urutan tata letak atau ciri-ciri planet dalam tata surya.

95,29

39

Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi.

31,78

40

Siswa dapat menyebutkan dasar perhitungan penanggalan masehi atau komariah.

78,10


Sumanto Mantos Sumantomantos

Buat Lencana Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: