BANJIR


BANJIR
Salah satu kenampakan alam Indonesia, yaitu aliran sungai-sungai besar, yaitu Sungai Kapuas, Sungai Musi, Sungai Ciliwung, dan Sungai Bengawan Solo. Oleh karena itu, negaraindonesia rawan akan bencana banjir. Setiap musim penghujan, beberapa daerah di Indonesia pasti dilanda banjir. Salah satu daerah yang sering dilanda banjir adalah Provinsi DKI Jakarta.
Banjir menimbulkan kerugian bagi masyarakat yang menjadi korban. Kerugian akibat banjir, antara lain harta benda hanyut terseret arus banjir, persediaan air bersih berkurang, timbul penyakit kulit akibat air yang kotor, jalanan macet akibat terendam banjir. Setelah air surut, lingkungan akan menjadi kotor. Oleh karena banjir membawa sampah. Akibatnya, wabah penyakit seperti demam berdarah dan diare mudah menyerang warga.
Banjir bisa disebabkan karena faktor alam , tapi bisa juga disebabkan oleh perilaku manusia. Faktor alam yang menyebabkan banjir, yaitu curah hujan yang sangat tinggi. Hal itu menyebabkan sungai tidak mampu menampung air hujan. Akibatnya, air sungai meluap dan terjadi banjir.
Banjir yang terjadi di Indonesia sebagian besar disebabkan oleh perilaku manusia. Perilaku manusia yang dapat menyebabkan banjir, yaitu membuang sampah di sungai. Selain itu, menebang hutan secara liar menyebabkan hilangnya serapan air. Hutan berfungsi sebagai daerah resapan air. Apabila pohon-pohon ditebang secara liar, hutan akan menjadi gundul. Dengan demikian, hutan tidak bisa berfungsi sebagai daerah resapan air. Akibatnya, saat musim penghujan air langsung mengalir ke daerah yang lebih rendah. Oleh karenanya terjadilah banjir.

Jadi, bencana banjir sebenarnya bisa dicegah dan ditanggulangi. Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi banjir, yaitu
a. Tidak membuang sampah di sungai.
b. Tidak menebang pohon di hutan secara liar.
c. Melakukan reboisasi atau penanaman kembali.
d. Membuat daerah-daerah serapan air.
e. Membuat dam atau banjir kanal.
f. Saat musim kemarau dilakukan pengerukan sungai. Dengan demikian, saat musim penghujan sungai dapat menampung air lebih banyak.
Apabila daerah tempat tinggal kita dilanda banjir, hal-hal yang dapat kita lakukan adalah:
a. Carilah tempat yang lebih tinggi, misalnya loteng rumah. Pindahlah ke lantai paling atas jika rumah bertingkat.
b. Pindahkan surat dan barang-barang berharga ke tempat yang aman.
c. Apabila ketinggian air belum begitu tinggi, mengungsilah ke tempat yang lebih aman.
d. Apabila terjebak di air yang dalam, carilah pegangan supaya tidak tenggelam.
e. Apabila bisa berenang, segeralah berenang menuju ke tempat yang lebih aman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: